Software Akuntansi

Logo Accurate Accounting Software Versi 4

Akuntansi merupakan seni dalam mencatat transaksi dalam bentuk jurnal untuk memberikan informasi kepada pihak internal maupun eksternal. Pihak internal bisa dibutuhkan oleh Direksi, Manajer dan Pihak-pihak terkait lainnya. Pihak Eksternal bisa dibutuhkan oleh Lembaga Keuangan Bank maupun Non Bank, Direktorat Jenderal Pajak dan Pihak-pihak terkait lainnya.

Hasil dari pencatatan akuntansi tersebut berupa Laporan Keuangan yang umum nya dipakai yaitu Neraca (Balance Sheet) dan Laba Rugi (Profit and Lost). Laporan lainnya bisa berupa Laporan Arus Kas, Penjualan, Pembelian, Hutang, Piutang, Persediaan, Aktiva Tetap dll.

Prinsip dasar akuntansi yaitu Aktiva (Harta) sama dengan Pasiva (Hutang dan Modal). Prinsip ini berlaku hanya pada Laporan Keuangan berupa Neraca (Balance Sheet) bukan pada Laba Rugi (Profit and Lost).

Aktiva (Harta) biasanya terdiri dari beberapa kelompok Akun yaitu :
1. Aktiva Lancar : terdiri dari Kas, Bank, Piiutang Usaha, Uang Muka Pembelian, Persediaan
2. Aktiva Lancar Lainnya : Biaya Dibayar Dimuka, Sewa Dibayar Dimuka, Pajak Dibayar Dimuka dll
3. Aktiva Tetap Berwujud : Bangunan, Kendaraan, Peralatan, Mesin dll
4. Aktiva Tetap Tidak Berwujud : Hak Paten, Hak Cipta dll
5. Akumulasi Penyusutan : Akumulasi Penyusutan Bangunan, Akumulasi Penyusutan Kendaraan, Akumulasi Penyusutan Peralatan, Akumulasi Penyusutan Mesin dll
6. Amortisasi : Amortisasi Hak Paten, Amortisasi Hak Cipta dll
7. Aktiva Lain : Investasi dll

Pasiva (Hutang dan Modal) biasanya terdiri dari beberapa kelompok Akun yaitu :
1. Hutang Lancar : Hutang Dagang, Uang Muka Pejualan
2. Hutang Lancar Lainnya : Hutang Pajak dll
3. Hutang Jangka Panjang : Pinjaman ke Bank, Leasing dll
4. Ekuitas : Modal, Laba Tahun Berjalan, Laba Ditahan

Software Akuntansi

Software Akuntansi (Accounting Sooftware) merupakan alat atau tools yang digunakan untuk mempermudah proses dasar akuntansi. Dengan adanya perkembangan teknologi sehingga terciptalah sebuah Software (Perangkat Lunak) yang dapat dipergunakan untuk mempermudah dalam pencatatan.

Dengan adanya tools tersebut akan mempercepat proses pembuatan Laporan Keuangan. Para pengguna Software Akuntansi itu dapat dengan mudah membuat transaksi jurnal dan akan langsung terposting kedalam pos-pos Neraca maupun Laba Rugi.

Software Akuntansi bisa hadir dalam bentuk 2 versi, yaitu Accounting Software yang sudah dibuat masal oleh developer dan Accounting Software yang dibuat berdasarkan permintaan pengguna, alias customize. Software Akuntansi Masal contohnya : MYOB, Accurate Accounting Software, Zahir Accounting Software, Easy Accounting System dll. Sedangkan Software Akuntansi Customize contohnya : SAP dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *